Back to Pages

Detail Berita

Opening Ceremony Indonesian Youth Day 2023, Jakabaring Sport City Palembang Bersukacita

10 bulan yang lalu

Komunio.id, Palembang – Indonesian Youth Day merupakan kegiatan Orang Muda Katolik tingkat Nasional. Orang Muda Katolik (OMK) dari rentang umur 13 sampai 35 tahun yang belum menikah berkumpul dari seluruh keuskupan di Indonesia.

Kali ini, Keuskupan Agung Palembang berkesempatan menjadi tuan rumah acara yang diadakan setiap 5 tahun sekali ini. Dengan tema Orang Muda Katolik, Bangkit dan Bersaksilah, Bumi Sriwijaya menggelar perhelatan akbar Indonesian Youth Day III, Senin (26/6).

Setelah melaksanakan Defille dan Misa Pembukaan, tepatnya pukul 19.00 WIB, ribuan Orang Muda Katolik dari seluruh Indonesia dan umat Katolik Kota Palembang berkumpul Bersama di Dempo Hall Jakabaring Sport City untuk mengikuti Opening Ceremony Indonesian Youth Day III.

Acara diawali dengan Persembahan Tari Gending Sriwijaya sebagai lambang menyambut para tamu undangan dan peserta Indonesian Youth Day 2023.

‘’Sebanyak 1459 peserta hadir di sini sebagai perwakilan dari 37 Keuskupan dan 2 Kevikepan yang ada di Indonesia. Mereka telah melewati berbagai dinamika seperti live in dan kirab salib sampai akhirnya berkumpul di sini untuk berselebrasi, merayakan sukacita perjumpaan dan persaudaraan ini,” kata Romo Albertus Magnus Kistiaji R., MSC, ketua Panitia Pelaksana Indonesian Youth Day 2023.

“Malam ini kita berselebrasi untuk merayakan sukacita perjumpaan dan persaudaraan bukan hanya secara internal dengan teman-teman seiman. Panita yang jumlahnya sekitar 500 orang, tidaklah semua Katolik, namun juga teman-teman dari lintas iman,” tambah pastor yang bertubuh kurus dan berkacamata ini.
Ia juga berharap acara ini sungguh menjadi berkat bukan hanya untuk orang muda dan Gereja Katolik, tetapi juga bagi seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat Sumatera Selatan.

Drama Kolosal tentang Maria yang mendapat kabar dari Malaikat Tuhan bahwa Ia akan mengandung Sang Juruselamat dan perjumpaan Maria dengan Elisabeth saudarinya yang juga sedang mengandung sukses menyihir tamu undangan dan para peserta Indonesian Youth Day 2023. Mereka hanyut dalam haru dan ikut bernyanyi ketika setiap lagu diputarkan untuk mengiringi drama.

Seperti Maria yang berserah dan mengikuti perintah Allah

Perjumpaan Maria dengan Elisabeth saudarinya membuat Elisabeth bersukacita dalam Tuhan. Hal ini yang menginspirasi perjumpaan Orang Muda Katolik dalam IYD 2023, meskipun beberapa saat yang lalu Indonesia mengalami masa yang sulit, ketakutan, dan cemas karena Pandemi Covid 19. Diharapkan Orang Muda Katolik juga dapat bangkit dan bersaksi mewartakan Sukacita Injil di tengah masyarakat.

Sorak sorai penonton semakin memeriahkan acara tarian kolosal yang menampilkan tarian daerah dari setiap Regio Keuskupan di Indonesia. Tari-tarian menggalakkan Kebhinekaan dalam setiap pribadi muda yang hadir di Denmpo Hall, JSC. Tarian kolosal ini merupakan hasil kolaborasi siswa SMP Xaverius Maria, SMP Xaverius VII, SMA Xaverius III dan SMK Xaverius Palembang.

Menteri Agama yang diwakili oleh PLT Direktorat Jendral Bimbingan Mayarakat Katolik, Albertus Matius Adiatus Sumarjono, SE, MO, didampingi Asisten I Gubernur Sumatera Selatan, Drs. Eduard Chandra, Ketua DPRD Sumatera Selatan, R.A Anita Nuringhati SH, MH, Ketua Konferensi Wali Gereja, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC, Ketua Komisi Kepemudaan Waligereja, Mgr. Pius Riana Prabdi, Uskup Keuskupan Agung Palembang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono akhirnya secara bersama-sama memukul gendang sebagai tanda membuka Kegiatan Indonesian Youth Day 2023 secara resmi disambut dengan tepuk tangan meriah.

Acara dilanjutkan dengan foto bersama para tamu undangan, peserta dan panitia yang diabadikan oleh para rekan media yang hadir di Dempo Hall, JSC.
Memasuki bagian akhir acara, seluruh Peserta dan Panitia Indonesian Youth Day 2023 menyanyikan dan menarikan animasi Theme Song Indonesian Youth Day 2023, “Bangkit dan Bersaksilah” dengan semangat yang membara dan meriah. **Elizabeth Dian Simanjuntak

Supported