Back to Pages

Detail Berita

Pembinaan Volunteer IYD 2023

1 tahun yang lalu

Indonesian Youth Day adalah salah satu kegiatan yang telah dinanti-nanti oleh umat Katolik diseluruh Indonesia, khususnya oleh para kaula muda dari penjuru nusantara. Tak kalah seru dari IYD sebelumnya, IYD ketiga ini akan diadakan di Kota Palembang, tepatnya pada tanggal 26-30 Juni 2023.

Sebagai salah satu kegiatan yang mewadahi nilai-nilai katolik dengan arah katekese yang kreatif dibawah naungan KWI ( Konferensi Wali Gereja Indonesia), IYD kali ini senantiasa di persiapkan sebaik mungkin oleh para panitia tuan rumah Palembang. Seluruh bidang dan seksi membantu tanpa pamrih dan bersama-sama berusaha memaksimalkan suksesnya IYD 2023. 
Salah satu usaha dari para panitia hebat tersebut berasal dari bidang Rekrutmen Volunteer dan Bintal, atau biasa disebut bidang bintal. Selain bekerja mencari volunteer, bidang bintal juga bertanggung jawab memberikan pendalaman dan bina mental terhadap seluruh panitia dan vounteer mengenai untuk mempersiapkan dan mematangkan IYD 2023.

Bidang bintal memiliki timeline kegiatan, ada yang sudah dilaksanakan dan ada juga yang ada dalam progres dilaksanakan, salah satu  diantaranya adalah yang diadakan pada 11 Maret 2023 pukul 13:30 sampai selesai. Pada kegiatan ini, bidang bintal memfokuskan titik acara dan pendalaman materi untuk para Volunteer. Acara diadakan di lingkungan Kampus Universitas Katolik Musi Charitas tepatnya di Gedung aula Yosef lantai 3.

 Acara dimulai pukul 13:30 atau pukul setengah dua siang dengan para volunteer yang mulai berdatangan untuk melakukan registrasi. Setelah 30 menit registrasi berjalan, bidang bintal mulai membuka acara dengan hangat dan disambut dengan penuh antusias oleh para volunteer yang ada. Sekitar 130 orang memenuhi ruangan aula Yosef dengan semangat dan rasa ingin tahu akan apa saja acara yang telah disiapkan oleh bidang bintal. Setelah sambutan hangat dari Master of Ceremony yang dipimpin oleh Sisilia dan Anes, acara langsung dilanjutkan dengan sesi 1 pengembangan mental oleh Pak Frans Sugiyana sampai pukul 15:00.

Waktu berlalu dengan khidmat lalu masuk ke sesi 2 dimana para rekan-rekan volunteer mulai masuk kedalam bidang nya masing-masing. Disini para volunteer dibantu oleh koordinator dari bidang masing-masing untuk menggali lebih dalam mengenai tugas, tanggung jawab, dan pelayanan mereka sebagai volunteer IYD 2023. Tak kalah menarik, pada sesi ini para volunteer diminta untuk membuat yeal-yeal sebagai ciri khas dari masing-masing bidang volunteer sekaligus penyemangat mereka sepanjang acara. Sembari menunggu sesi ini, para panitia bidang bintal juga memantau dengan berkeliling melihat setiap bidang volunteer sambil sesekali bergurau.

Waktu menujukkan pukul 16:00 dan master of ceremony mengumumkan bahwa mereka harus berkumpul kembali kedalam aula, saat inilah yeal-yeal unggulan mereka mulai ditampilkan sambil sesekali diselingi dengan Ice Breaking yang dipimpin oleh Suster Silvi Fch dan Selovani yang dibantu oleh Diakon Bayu dan Aldo sebagai operator. Dalam sesi ini para volunteer sangat bersemangat, terlebih volunteer yang usianya sudah tidak muda lagi, namun tentu saja dengan semangat yang masih sangat muda dan membara.

Beralih ke sesi 3 pada pukul 16:15 dengan dipimpin oleh Romo Edy SCJ, seluruh bidang volunteer sekaligus kami sebagai panitia mendengarkan dengan seksama dalam suasana yang hangat, sesi ini tentu membawa kembali nilai-nilai spiritualitas dan keteguhan hati semua yang ada didalam ruangan tersebut.

Sampai dipenghujung acara, ada Romo Ongko Projo yang membantu mengajak kami lebih semangat dengan menanamkan nilai nilai keteguhan hati sekaligus merayakannya dengan menyanyikan theme song bersama-sama. Setelah theme song kami melakukan foto bersama dan sayonara kepada seluruh rekan-rekan volunteer, koordinator/anggota tiap bidang yang datang membantu mengisi acara, dan panitia-panitia lainnya sembari membagikan nasi kotak untuk dinikmati.

Kami sendiri mengucapkan banyak terimakasih atas antusiasme yang sangat tinggi, khususnya untuk rekan-rekan volunteer yang lokasinya cukup jauh dari tempat pertemuan. Atas kesediaan, kesempatan, kehangatan, antusiasme dan semangat rekan-rekan semua, kami bidang rekrutmen dan bintal IYD 2023 mengucapkan banyak terimakasih dan mengucapkan maaf jika ada salah kata atau perbuatan baik yang disengaja maupun tidak.

Tuhan memberkati,
Best regards
Bidang Volunteer dan Bina Mental IYD 2023

Supported