Back to Pages

Detail Berita

OMK Unit Pastoral Pinang Raya Road to IYD 2023

1 tahun yang lalu

Pertemuan ini diawali dengan misa OMK yang dipimpin oleh Romo Nikolaus Lusi Uran CSsR pada pukul 15.00 WIB. Misa ini juga sekaligus penerimaan berkat perutusan bagi dua OMK yang diutus untuk mengikuti IYD di Palembang, yaitu Albertus Doni Kurniawan dan Shelviatri Tyodayana Sidabutar.

“Berkat perutusan ini diberikan, agar mereka merasa bahwa mereka benar-benar diutus untuk mewakili kita semua yang tidak ikut,” ujar Romo Niko.

Selanjutnya, katakese dilaksanakan pada pukul 16.30 sampai pukul 19.00 WIB di aula gereja. Terdapat dua sesi dalam katekese ini. Sesi pertama bertema Bangkit: Sikap Maria dan Rencana Keselamatan Allah. Para peserta diajak untuk merenungkan pergumulan atau pergulatan apa saja yang paling konkrit dihadapi saat ini.

“Sebagai orang muda, pergumulan paling konkrit bagi kami adalah sulitnya mencari pasangan yang seiman,” ujar Hari, salah seorang peserta katakese.

Pada sesi kedua bertema Bersaksilah: Sikap Maria dan Rencana Keselamatan Allah. Para peserta diajak untuk berbagi pengalaman dalam pelayanan dan kesaksian iman, serta tantangan yang dihadapi sebagai OMK untuk berkembang.

“Tantangan yang sering didapatkan, yaitu harus berhadapan dengan komentar-komentar orang di sekitar yang tak jarang meremehkan kita sebagai kaum muda. Namun kita harus tetap memiliki rasa kasih untuk saling mengasihi, seperti Maria yang mengasih Elisabeth saudarinya,” ujar Kartina.

Melalui katekese ini, Romo Niko berharap Orang Muda Katolik belajar dari sikap Maria walaupun melalui banyaknya pergumulan hidup harus tetap bangkit dan terus melangkah dan tetap percaya pada penyertaan Tuhan. Sejalan dengan itu, besar harapan Romo Niko agar IYD ini mampu membawa semangat baru bagi seluruh OMK.

“Semoga IYD ini mampu membawa semangat untuk teman-teman OMK di paroki atau di stasi, serta ada tindak lanjut yang harus dibuat oleh para utusan untuk paroki atau stasi masing-masing,” pungkasnya.

Doni, sebagai calon peserta IYD 2023, berharap agar IYD ini bisa membangkitkan kembali semangat OMK yang sempat redup, dan mendapatkan pengalaman baru yang dapat dibagikan pada rekan-rekan OMK di UP Pinang Raya.

**Laras Anjar Sari (Pubdok IYD 2023)

Supported