Back to Pages

Detail Berita

Press Release Indonesian Youth Day 2023 II, Selasa, 27 Juni 2023

11 bulan yang lalu

Indonesian Youth Day 3 Palembang resmi dibuka pada hari Senin, 26 Juni 2023, di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan. Acara pembukaan diawali dengan defile para peserta IYD 3. Defile dimulai dari lokasi dinning hall area wisma atlet Jakabaring Sport City menuju GOR Dempo. Dengan penuh sukacita OMK keuskupan-keuskupan menampilkan keragaman dan kekayaan budaya bangsa Indonesia. Setiap keuskupan mengenakan pakaian khas daerah lengkap dengan pernak-pernik dan simbol-simbol budaya, sambil menyanyi dan menari mengungkapkan kegembiraan dan rasa persaudaraan Orang Muda Katolik.

Sesudah defile, Perayaan Ekaristi pembuka dipimpin Uskup Agung Palembang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono, sebagai tuan rumah didampingi 13 uskup yang lain, termasuk Ketua Presidium KWI Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC dan Ketua Komisi Kepemudaan KWI Mgr. Pius Riana Prapdi. Perayaan ekaristi pembuka juga dihadiri ratusan imam konselebran dan umat Katolik Kota Palembang.

Dalam kotbahnya Mgr. Yohanes Harun Yowono, meminta orang muda untuk meneladani orang-orang muda kudus dalam gereja, belajar dari banyak orang muda Indonesia yang menjadi pahlawan nasional, para seniman, olahragawan dan berpesan kepada Orang Muda Katolik untuk terus melanjutkan kontribusi kepada dunia dan kepada negara Indonesia.

“Kita harus tetap bangga menjadi anggota bangsa Indonesia dan menjadi bagian tak terpisahkan dari negeri ini. Negeri ini tidak pantas dijadikan tanah jarahan para koruptor,” kata Mgr Harun.  

Pada akhir kotbahnya, Mgr. Harun meminta OMK untuk mengamini pernyataan ini:

OMK Bangga dan setia pada iman katolik dan ajaran gereja! OMK Bangga dan Setia Hidup Benar, adil, jujur dan anti korupsi! OMK Bangga anti narkoba dan anti Pergaulan Bebas! OMK Bangga memelihara lingkungan alam dan pembela kehidupan!

Sesudah Perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan seremoni Pembuka secara formal yang dibuka dengan tarian khas Palembang “Gending Sriwajaya” dan sebuah drama yang mengisahkan tentang Maria yang menerima kabar sukacita dari Malaikat Gabriel dan bergegas mengunjugi Elisabeth saudarinya.

IYD 3 secara resmi dibuka oleh Menteri agama yang diwakili Plt. Dirjen Bimbingan Masyarakat Katolik Bapak Albertus Magnus Adiyarto Sumarjono: “Seraya memohon berkat dan Rahmat Tuhan yang maha kuasa, saya membuka secara resmi Indonesian Youth Day IYD 3, 2023 di Palembang”. 

Hari selasa, 27 Juni 2023, para peserta mendalami tema “Bangkit” dan dibagi dalam dua bagian, kelompok Elisabeth dan Kelompok Maria dengan kegiatannya masing-masing.

Supported